Posted by : Unknown Minggu, 29 September 2013

RPL ( "Rekayasa Perangkat Lunak" )


                                        بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Pengertian dari Perangkat Lunak adalah kumpulan beberapa perintah komputer yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya yaitu memproses informasi. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah aplikasi ilmu komputer untuk membangun sistem perangkat lunak praktis yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.jadi RPL merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Jadi perangkat lunak itu dapat berupa program atau prosedur


Berikut Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak menurut para ahli ::
1. Menurut Stephen R. Schach
Rekayasa perangkat lunak adalah sebuah disiplin dimana dalam menghasilkan perangkat lunak bebas dari kesalahan dan dalam pengiriman anggaran tepat waktu serta memuaskan keinginan pemakai.

2. Menurut Fritz Bauer
Rekayasa perangkat lunak adalah penetapan dan penggunaan prinsip rekayasa dalam rangka memperoleh perangkat lunak yang dapat dipercaya dan dapat bekerja secara efisien pada mesin nyata.

3. Menurut IEEE 610.12
Rekayasa perangkat lunak adalah sebuah studi pendekatan dan aplikasi secara sistematis, disiplin pengembangan operasi dan pemeliharaan perangkat lunak yang kesemuanya itu merupakan aplikasi rekayasa yang berkaitan dengan perangkat lunak.

Pengertian yang diberikan Stephen R.Schach mengacu pada hal-hal yang inging dicapai pada Software Crisis, yaitu: tepat waktu, sesuai budget, berkualitas (bebas dari kesalahan), dan sesuai keinginan pemakai.
Fritz Bauer tidak mengartikan Software Engineering sesederhana Stephen R.Schach. Rekayasa peraknkat lunak merupakan sebuah cara untuk mendapatkan Software yang ekonomis dan dapat serta efisien bila diterapkan pada mesin nyata.
Pengertian yang diberikan standar IEEE 610.12 lebih mengarah pada konsep perangkat lunak.
Dari ketiga pengertian tersebut, arti yang diberikan Fritz Bauer sangat sesuai dengan tujuan dan sasaran dari rekayasa perangkat lunak. Pernytaan Stephen R.Schach terbatas pada menanggulangi kekurangan yang terjadi jika tidak menerapkan rekayasa penrngkat lunak. Pengertian yang diberikan IEEE 610.12 paling baik dalam menyampaikan wujud dari rekayasa perangkat lunak.
Rekayasa perangkat lunak merupakan ilmu yang penting untuk diperdalam karena teknologi ini memberikan stabolitas, kontrol, dan organisasi aktifitas yang jika tidak terkontrol dapat menjadi sangat kacau.

Latar Belakang muncul-nya Rekayasa Perangkat Lunak ::
Munculnya software engineering terjadi ketika adanya krisis software di era tahun 1960-an. Krisis ini terjadi akibat lahirnya komputer generasi ke III yang ditandai dengan penggunaan IC (Integrated Circuit). Kemampuan hardware yang meningkat, membuat adanya kebutuhan untuk memproduksi software yang lebih baik. Akibatnya software yang dihasilkan pada saat itu menjadi beberapa kali lebih besar dan kompleks. Pendekatan informal yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, menjadi tidak cukup efektif (secara biaya, waktu dan kualitas). Biaya hardware mulai jatuh dan biaya perangkat lunak malah menjadi naik secara cepat. Oleh karena itu muncullah pemikiran untuk menggunakan pendekatan yang lebih efektif, standar dan terukur dalam mengembangan perangkat lunak.
Faktor yang melatarbelakangi adanya rekayasa perangkat lunak ::
a. Ketidakmampuan organisasi memprediksi waktu, usaha dan biaya untuk membangun perangkat lunak.
b. Perubahan nisbah/rasio biaya perangkat keras terhadap harga perangkat lunak
c. Kemajuan pesat perangkat keras
d. Kemajuan dalam teknik-teknik pembuatan perangkat lunak
e. Tuntutan yang lebih tinggi terhadap jumlah perangkat lunak
f. Tuntutan yang lebih tinggi terhadap mutu perangkat lunak
g. Meningkatnya peran pemeliharaan.


 Berikut adalah jenis - jenis Rekaya Perangkat Lunak ::
  1. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Software)
    Sekumpulan program yang ditulis untuk kepentingan program lain, contoh editor,driver dan lain-lain
  2. Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real Time Software)
    Perangkat lunak yang digunakan untuk mengukur/menganalisis atau mengontrol proses pemasukan data dari lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang diinginkan
  3. Perangkat Lunak Bisnis (Business Software)
    Perangkat lunak yang memberikan fasilitas operasi untuk bisnis atau fasilitas pengambilan keputusan manajemen, contoh sistem akuntansi,inventory, payroll dan lain-lain
  4. Perangkat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software)
    Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain.
  5. Embedded Software
    Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol suatu produk dan sistem dimana perangkat lunak tersebut disimpan. Biasanya ditempatkan di ROM, contoh Tombol di Microwave Oven
  6. Perangkat Lunak Komputer Pribadi (Personal Computer Software)
    Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan, contohnya :pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain.
  7. Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software) Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan, contohnya : game, expert sistem, neural network, Turbo Prolog, dan lain-lain dan masih banyak lagi yg  lainnya. 
Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas. Yang dimaksud dengan
berkualitas dapat dilihat dari tiga sisi, sisi sponsor (individu atau organisasi yang telah
mengeluarkan biaya dalam pembangunan perangkat lunak), sisi pemakai (siapapun
yang menggunakan perangkat lunak tersebut), sisi maintainer / modifier (yang
memelihara dan memodifikasi perangkat lunak tersebut) dengan biaya yang efisien
dan tepat pada waktunya.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.1.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Category

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Pengunjung

Blogger news

Blogger templates

- Copyright © Fopsoft -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -